Kenapa Mobil MPV?

Ada banyak pilihan model serta merek MPV yang ditawarkann di pasaran. Tersedia pilihan low, medium, hingga big MPV dengan segmen pasarnya tersendiri. Permintaan yang tinggi dalam memiliki mobil berjenis MPV di kalangan masyarakat Indonesia bukan tanpa alasan. Paling tidak beberapa hal berikut menjadi alasan yang mendasari konsumen memutuskan untuk membeli MPV.

Kapasitas yang besar

Mobil MPV banyak disebut juga dengan mobil keluarga dimana mampu menampung sebanyak 7 orang. Dengan kapasitasnya yang cukup besar, maka MPV jadi pilihan yang menarik jika dibandingkan SUV maupun sedan dengan kapasitas kecil.

Punya desain yang pas

Alasan lain mengapa mobil MPV banyak diminati adalah karena desainnya. MPV memiliki desain bodi yang pas dengan kondisi jalanan di Indonesia yang banyak polisi tidur, dan kerap banjir. Ground clearance MPV cukup tinggi, sehingga membuatnya cukup aman ketika melintasi beragam kondisi jalanan tersebut.

Harga yang terjangkau

Mobil MPV di Indonesia dapat Anda miliki dengan banderol harga yang sangat terjangkau baik mobil yang dijual kondisi baru maupun bekas. Umumnya harga mobil MPV lebih terjangkau dibandingkan mobil SUV maupun sedan.

Serbaguna

Karena kebanyakan orang Indonesia mengharapkan kendaraan yang bisa digunakan untuk berbagai fungsi atau multifungsi. Maka, mobil MPV cukup banyak diminati karena termasuk dalam mobil serbaguna. Tak sedikit masyarakat Indonesia yang memilih membeli kendaraan ini dengan tujuan untuk dipakai usaha.

Harga jual kembali yang tinggi

Dibandingkan dengan tipe lainnya, mobil MPV mempunyai nilai jual yang tinggi. Bahkan, beberapa produk MPV berhasil menguasai pasar otomotif di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Contohnya, Toyota Avanza yang mendapat julukan mobil sejuta umat. Maka dari itu, tidak heran jika harga jual kembalinya juga tinggi.

Itulah beberapa alasan mengapa mobil jenis MPV sangat tinggi peminatnya di Indonesia. Yang paling utama adalah MPV dijadikan sebagai mobil keluarga dengan banyak fungsi.

Kelebihan dan kekurangan Mobil MPV

Mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) sejauh ini memang masih jadi jenis mobil favorit di Indonesia. Memiliki kabin yang luas sehingga dapat menampung hingga tujuh penumpang jadi alasan mengapa mobil jenis ini selalu diminati.

Mobil MPV yang juga sering disebut minivan atau minibus memiliki berbagai kelebihan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya seperti memiliki kapasitas besar, harga yang terjangkau, desain yang elegan hingga harga jual yang cukup stabil.

Harga MPV yang relatif lebih murah ketimbang SUV, terutama yang berjenis Low MPV. Misalnya Low MPV Toyota Avanza yang hanya berkisar antara 190-200 jutaan aja membuat MPV banyak jadi keputusan terakhir dalam memilih jenis mobil.

Namun sayangnya, MPV tidak setangguh mobil jenis SUV. Mobil MPV hanya nyaman untuk dikendarai di jalan yang rata dan halus. Sedangkan jika dipaksa melewati jalanan rusak, kenyamanan penumpang di dalam kabin bakal terganggu.

Dengan tahu kekurangan dan kelebihan mobil MPV semoga menjadi pertimbangan Anda dalam memilih jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mobil MPV Terbaik Tahun 2020

Berikut ini sederet rekomendasi mobil MPV terbaik tahun 2020 yang bisa Anda pertimbangkan.

Mobil Wuling Cortez

Wuling Cortez didukung dengan beberapa pilihan mesin bensin empat silinder. Namun di Indonesia, Wuling Motors menawarkan tipe mesin 1,8 liter dengan tenaga mencapai 130 PS, plus tambahan VVT-I. Wuling Cortez ditawarkan dalam dua jenis transmisi yakni manual 6-speed dan otomatis 5-speed.

Pada awalnya di IIMS 2018, Wuling menambah varian Cortez dengan menawarkan versi mesin lebih kecil, 1,5-liter. Mesin dengan teknologi DVVT, tenaga dihasilkan sebesar 110 hp dan torsi 138 Nm. Ada dua tipe ditawarkan, Cortez 1.5C dan Cortez 1.5S keduanya bertranmisi manual 6 percepatan.

Cortez dibekali dengan fitur yang berlimpah seperti dashboard dilapisi bahan empuk (padded), MID yang lengkap, petunjuk navigasi, peringatan (warning), peringatan lama waktu berkendara, informasi headunit, dan banyak lagi. Cortez juga dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 8 inch.

Wuling Cortez memiliki desain elegan seperti MPV premium dengan interior yang lapang dan nyaman. Menggunakan jok elektrik di bagian depan dan captain seat di baris tengah. Fitur Safety cukup lengkap.

Toyota Sienta

Toyota Sienta merupakan sebuah mobil minivan sub-kompak yang dapat menampung hingga 7 orang. Di Indonesia, Toyota Sienta 2016 ini diluncurkan dengan kapasitas mesin 1.5L 2NR-FE Dual VVT-i (mesin yang sama pada Toyota Avanza) dan dengan transmisi manual 6-speed dan transmisi CVT.

Generasi kedua Toyota Sienta ditawarkan dalam 4 model yaitu E, G, V, Q dengan model Q yang menjadi model tertinggi diantara keempatnya, namun hanya tersedia dengan transmisi CVT.

Suzuki Wagon R

Suzuki Wagon R menggunakan K10B dengan DOHC yang berkapasitas 998 cc, 3 silinder. Dari mesin tersebut mobil Suzuki Karimun Wagon R bisa memproduksi tenaga sebesar 68 Ps pada 6.200 rpm. Sedangkan torsi puncak mencapai 90 Nm pada 3.500 rpm.

MPV ini memiliki 3 varian yakni Petrol, CNG, dan LPG. Transmisinya ialah dengan kecepatan 5 MT juga menyediakan jarak tempuh hingga 57,93mpg yang menarik untuk konsumen.

Fitur keamanannya juga cukup bagus yakni dengan ABS dan lampu kabut. Interiornya cukup praktis dengan ruang yang luas. Sedangkan tampilan luarnya cukup menonjol karena grille krom dan bemper depan yang baru.

Toyota Alphard

Toyota Alphard termasuk minivan 5 pintu dengan model MPV besar yang dilengkapi dengan 8 kursi. MPV ini memiliki 3 varian; terutama ditujukan untuk pembeli dari Jepang dan Asia Selatan.

Toyota Alphard dilengkapi dengan 2GR-FE kapasitas 3,5L, dengan mesin silinder V-6 yang mampu menghasilkan tenaga 276 HP/ torsi 250lbft. Toyota Alphard memiliki transmisi kekuatan otomatis kecepatan 7 superCVT dengan platform FWD dan AWD.

Fokus utamanya terdapat pada desain luar yang kuat, unik, dan mewah. Interiornya juga didesain dengan konsp canggih dan mewah. Fitur keamanannya meliputi kontrol titik buta, monitor guide belakang dan radar cruise control.

Isuzu Panther

Isuzu Panther dikenal juga sebagai Chevrolet Tavera atau Isuzu Hi-Lander. Isuzu Panther dibekali dengan mesin diesel yang dicharge oleh valve turbo 8 silinder, dengan power 85 PS @3900 rpm dengan torsi 185 Nm.

Isuzu Panther ini didesain tipe bodi 5dr SUV dan kapasitas 7 penumpang. Fitur ini mencakup power steering, power locks, dan power windows. Bagian depannya dilengkapi dengan suspensi wishbone sedangkan bagian belakangnya ditambahkan dengan leaf springs yang tidak terpisah.

Toyota Voxy

Toyota Voxy hadir dengan mesin DOHC 4 silinder dengan 16 katup. Mesinnya berkapasitas 2.0 liter dan mampu menghasilkan tenaga maksimal 149 hp/6100 rpm dan torsi maksimum hingga 193 Nm/3.800 rpm.

Mobil ini didukung sistem transmisi CVT-i ke roda depan dan memiliki kisaran konsumsi BBM di angka 16 km/liter untuk pemakaian dalam kota dan 18 km/liter untuk luar kota. Toyota Voxy juga dilengkapi fitur lengkap seperti 7 air bag, EBS, Stability Control, Hill Start Assist, LED Brake Lamp dan High Mount Brake Lamp LED, Rear Parking Sensor dan Camera, dan masih banyak lagi lainnya.

Mitsubishi Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross didukung menggunakan mesin 1.5 liter. Mobil ini mampu memproduksi 150 PS pada putaran 6.000 rpm. Mitsubishi Xpander Cross ditawarkan dengan transmisi otomatis (4 percepan) dan manual (5 percepatan).

Wuling Confero

Wuling Confero adalah mobil MPV dengan kapasitas 7 penumpang yang hadir dengan mesin 1.5 liter dan menggunakan transmisi manual 5-speed. Wuling Confero mampu memproduksi tenaga hingga 107 hp pada putaran 5,800 rpm.

Nissan Livina

Nissan Livina ialah MPV compact 5 pintu dengan konfigurasi minivan atau hatchback. Dibekali dengan mesin 1,8 L yang memiliki mekanisme transfer kecepatan 4 otomatis atau kecepatan 6 manual.

Nissan Livina didesain dengan kapasitas 7 penumpang dengan mesin HR15DE 1,5L yang memiliki variabel dual VTC dan injeksi bahan bakar. Menawarkan aerodinamik ekstrim dan desain streamline, mesin dengan efisiensi bahan bakar, dan Green Program.

Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga merupakan mobil MPV dengan kapasitas 7 kursi dimana hadir dengan varian mesin 1.4 liter dengan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Suzuki Ertiga mampu memproduksi tenaga hingga 103 hp pada putaran 6000 rpm dan menggunakan sistem roda penggerak depan (FWD).

Toyota Kijang Innova

Toyota Innova dibekali mesin diesel block 2,5 liter yang menggantikan 101BHP, dengan torsi 147 ft lb. Mesinnya dibekali dengan sistem transmisi manual kecepatan 5, yang mengembalikan 21,88 MPG, juga menyediakan delivery linear power.

Toyota Avanza Veloz

Toyota Avanza Veloz adalah mobil MPV yang berkapasitas hingga 7 penumpang yang hadir dengan 2 tipe varian yakni tipe bensin dengan kapasitas 1.3 liter dan 1.5 liter.

Toyota Avanza Veloz bertransmisi manual 5-Speed dan otomatis (CVT) dengan roda penggerak belakang (RWD).

Honda Mobilio

Honda Mobilio hadir dengan varian tipe bensin dan diesel dengan bensin 4 silinder SOHC i-VTEC dan mesin diesel 4 silinder DOHC i-DTEC dengan transmisi manual 5 speed. Spesifikasi eksteriornya cukup inovatif dengan lampu LED, front grille krom dan lampu baru. Interiornya dilengkapi dengan pemanduan parkir dan rear view camera.

Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia ditawarkan dengan 4 model trim. Pilihan mesinnya mencakup 1.0L EJ-VE 3 silinder atau 1.3L K3-VE 4 silinder DOHC dengan teknologi VVT-i.

Pilihan daya berkisar antara 62 BHP hingga 91 BHP dan torsi yang berbeda-beda dari 90 Nm hingga 117 Nm di mesin yang berbeda. Fitur keamanan juga telah ditingkatkan dengan kemudi yang sesuai membantu dan kontrol traksi.

Toyota Avanza

Toyota Avanza merupakan MPV yang praktis dengan ukuran 4.140 x 1.695 x 1.660 mm (LxHxB).

Avanza ditawarkan dengan exterior yang gagah berkat rim berukuran 20 inci, lampu LED, dan garis pada bodi yang dipahat.

Toyota Avanza dibekali dengan mesin petrol 1.5L, yang dipadukan dengan sistem transmisi otomatis kecepatan 4 yang menggantikan 99 BHP.

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander dirilis pertama kali pada tahun 2017 dengan tampilan fascia depan yang mirip dengan generasi ketiga Pajero Sport.

Generasi pertama Mitsubishi Xpander dibekali dengan mesin 1.5L DOHC dan pilihan transmisi otomatis 4-speed maupun transmisi manual 5-speed.

Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra hadir dalam tipe body MPV dengan kapasitas 5 hingga 7 penumpang. Untuk saat ini Daihatsu Sigra hadir dengan 3 jenis mesin berbeda yakni kapasitas mesin 1.0, 1.2 dan 1.5 liter dengan asupan bahan bakar bensin.

Varian Sigra bertransmisi manual 5-Speed dan otomatis 4-speed dilengkapi dengan roda penggerak depan (FWD). 

Toyota Calya

Toyota Calya adalah mobil MPV entry class dengan kapasitas 7 penumpang. Mobil ini mampu memproduksi 88 tenaga kuda pada putaran 6,600 rpm.

Toyota Calya hadir dengan transmisi manual dan otomatis yang menggunakan sistem roda penggerak depan. 

Demikianlah beberapa rekomendasi pilihan informasi sewa mobil MPV terbaik 2020 yang memiliki kualitas dan fitur yang berbeda-beda tergantung pada selera dan kebutuhan Anda.

Open chat
Halo .. Ada yang bisa kami bantu?